Daftar Wisata Air Terjun Di Kandangan

Ada begitu banyak Objek Wisata Air Terjun di Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Mulai dari Bukit yang menyuguhkan pemandangan yang indah, hingga air terjun yang menyejukkan.

Daftar Objek Wisata Air Terjun di Kandangan, Hulu Sungai Selatan

1. Air terjun Rampah menjanganAir terjun setinggi 25 m di desa Loapanggang Loksado, yang membutuhkan perjalanan menantang kesana karena medannya yang berbukit-bukit, dan berjalan kaki sekitar 2-3 jam.

2. Air terjun HarataiAksesnya sudah lumayan baik yakni bisa dengan motor hingga parkiran dan kemudian berjalan 1/2 jam saja. airnya cukup deras walaupun ketinggiannya hanya sekitar 15m saja.

3. Air terjun Kilat ApiAir terjun Kilat Api hanya berjarak lebih kurang 950 meter dari objek wisata air panas Tanuhi. bisa dengan jalan kaki dan kemudian menyeberang sungai dengan jalan kaki ataupun dengan rakit bambu dengan membayar seikhlasnysa (5k).

4. Air terjun Tinggiran HayamObjek Wisata Air Terjun Tinggiran Hayam yang berada di Desa Kamawakan Kecamatan Loksado, memiliki tinggi hampir 12 meter.

5. Air terjun Rampah JelatangAir Terjun Rampah Jelatang bukanlah objek wisata resmi, air terjun ini jaraknya lumayan jauh di pedalaman hutan, untuk menemukannya harus menelusuri tebing-tebing yang curam dan tumbuhan-tumbuhan berduri, jalannya pun terjal dan licin.

Jarak yang di tempuh sekitar 2-3 jam dan jalannya banyak tanjakan.

6. Air terjun Rampah LambinAir terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter ini berada di deretan Pegunungan Meratus.

Perjalanan tampak mengasyikkan karena melewati rumah adat Malaris yang biasanya digunakan sebagai tempat upacara adat Dayak Malaris.

7. Air terjun Mandin TangkaraminAir Terjun Mandin Tangkaramin merupakan aliran air terjun yang terlihat seperti pancuran, karna di bawahnya terdapat batu yang besar sehingga jatuhnya air akan mengenai batu, bukan pada aliran sungai. 

Batu besar di bawah tersebut namanya adalah Batu Manggu Masak. Air terjun ini tingginya sekitar ± 13 meter dan disekitarnya terdapat batu-batu besar dan tanah merah.


Share: